Saturday 16 January 2016

Curug awang - Sukabumi, Jawa Barat.
--
Curug Awang yang terletak di kawasan Taman Bumi Ciletuh (Ciletuh Geopark) desa Taman Jaya kecamatan Ciemas kabupaten Sukabumi Jawa Barat adalah salah satu curug dari aliran sungai Ciletuh. Curug Awang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 60 meter, dengan keindahan dinding batu alam (geopark) yang berwarna coklat kemerahan sebagai karakteristik dari curug ini yang  begitu kuat dan tak dapat dilihat di tempat lain.

Sungai Ciletuh adalah ruas sungai yang membatasi wilayah kecamatan Ciemas dengan kecamatan Ciracap, disamping itu juga merupakan batas antara desa Taman Jaya dengan desa Cibenda serta pembatas antara desa Mekar Sakti dan desa Mandra Jaya. Sebagai sebuah sungai yang cukup besar, sungai Ciletuh memiliki beberapa air terjun yang berpanorama indah. Beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan terletak di wilayah desa Taman Jaya adalah Curug Awang, Curug Tengah dan Curug Puncak Manik.

Curug Awang sendiri adalah air terjun pertama dari deretan tiga air terjun di sungai ciletuh yang ada di desa Taman Jaya kecamatan Ciemas. Pada musim kemarau dimana curah hujan kurang maka Curug Awang akan memiliki dua air terjun dengan air terjun utama di sebelah kanan dan air terjun kecil di sebelah kiri. Penduduk setempat menyebut air terjun yang kecil dengan sebutan Anak Curug Awang, sedangkan air terjun utama yang lebih besar dengan sebutan Curug Awang Indung.

Curug Awang akan tampak lebih indah bila dilihat dari kejauhan, terutama pada musim penghujan dimana keadaannya mirip air terjun Niagara mini di Amerika, lebar dan penuh dari ujung ke ujung. Bila dilihat dari dekat keindahan air terjun ini kurang begitu nampak. Curug Awang akan terlihat biasa saja dengan batu-batu besar berserakan dibawah air terjun. Batu-batu yang besarnya beberapa kali dari besar gajah dewasa ini berjatuhan karena derasnya arus sungai Ciletuh di musim hujan. Disamping faktor arus sungai, batu-batu ini juga berjatuhan karena faktor sedimentasi atau pelapukan batuan.

Untuk menuju lokasi curug Awang, bisa menggunakan mobil biasa (bukan offroad) karena keadaan jalan yang masih cukup bagus ataupun bisa menggunakan mobil offroad supaya terasa adventurenya. Perjalanan menuju Curug Awang terbilang mudah, tidak perlu bersusah payah menuju tempat ini. Jalanannya melewati pematang sawah dengan kondisi cenderung datar yang memakan waktu sekitar 10 menit.

Pada waktu lalu, Curug Awang adalah air terjun yang sangat indah dan sejuk karena terletak di tengah hutan yang subur. Akan tetapi sekarang kesejukan Curug Awang hanya tinggal cerita karena pembalakan liar yang terjadi sekitar tahun 1999 telah menghabiskan pohon-pohon di hutan ini.
[ http://ciletuh.com/curug-awang-niagara-mini-dari-ciletuh-geopark/]
--
Gear:
Canon 7d : 18-135
Iso : 100
Shutter : 160
Aperture : 7.1

Process editing:
vsco > C4 > exposure -1, contras +1 > save
Export to
instagram > luwdig +20 > upload
--
© Instagram.com/asep_saprudin

No comments:

Post a Comment