Saturday 16 January 2016

Bunut Bolong , kec Pekutatan , Jembrana, Bali.




Bunut Bolong , kec Pekutatan , Jembrana, Bali.
--
Bunut Bolong yang terletak di Desa Manggisari, Pekutatan, Kab. Jembrana. Sekilas mendengar namanya kita sudah terbayang, Bunut adalah pohon yang memiliki kemiripan karakteristisk dengan beringin, tapi akar-akar yang bergelantungan dari batangnya yang langsung menyentuh permukaan tanah, menjadi batang baru disertai lekukan-lekukan yang indah, dan uniknya di tengah-tengah pohon ada lubangnya seolah seperti sebuah lorong, yang diameternya bisa untuk lalu lalang kendaraan dengan leluasa, terlihat dari kejauhan seolah mengangkangi jalan beraspal yang berada diantara dua belahan kakinya.

Lebih dari itu, alam disekitarnya masih sangat asri, dengan nuansa desa juga hutan tropis yang lebat di sebelah Baratnya yang membentang dari Utara ke Selatan dan di sisi Timurnya hamparan kebun cengkeh sebagai ciri wilayah yang sejuk pada sebuah dataran tinngi, membuat ini cukup asik untuk menenangkan pikiran dan mencari kedamaian dan cocok juga sebagai tempat wisata di Bali.

Di sebelah Selatannya terdapat Pura Pujangga Sakti, cocok untuk melakukan pendekatan rohani, karena aura magis di tempat ini terasa begitu kuta, pura yang didirikan tersebut sebagai pura Dang Kahyangan untuk menghormati Dang Hyang Sidhi Mantra, yang memiliki peran penting dalam sejarah keberadaan desa Mangissari, yang konon sebelumnya pemukiman berada di sebelah Utaranya Bunut Bolong, karena banyak yang jatuh sakit, kemudian dipindahkan ke Sebelah Selatannya berdasarkan petunjuk dari pura Pujangga Sakti.

Pohon yang tumbuh alami ini memang kelihatan menarik dan dikeramatkan oleh warga sekitarnya, ditengah-tengah balutan alam sekitarnya yang masih alami, udara pegunungan yang segar, sambil memandang hamparan kebun cengkeh, di tempat yang jauh dari keramaian, menjadikan wisata alam ini tempat yang memiliki nilai tambah dalam menawarkan ketenangan dan privasi tempat berlibur.

Kalau dari Denpasar sekitar 86 km, dan dari lintas raya Denpasar-Gilimanuk sekitar 11 km ke Utara. Tempat yang indah ini sepertinya belum digarap secara maksimal karena kita masih belum bisa menemukan, penginapan, tempat parkir, toilet ataupun sarana penunjang pariwisata sejenisnya.
[ http://www.balitoursclub.com/berita_188_Bunut_Bolong.html]
--
Gear:
iphone 6s

Process editing:
Vscocam > filter E2 > Eksposure -2 Kontras -1 Pertajam +2 Saturation +1 Temperatur +1 Fade +3 > Save export to Instagram > filter Ludwig

No comments:

Post a Comment