Monday 18 January 2016

Cemoro Lawang from Penanjakan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Cemoro Lawang from Penanjakan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.
--
Ada dua Penanjakan, yaitu Penanjakan I dan II. Yang paling tinggi adalah Penanjakan I. Jarak dari Cemoro Lawang ke Penanjakan II sekitar lima kilometer. Jalan santai sekitar dua jam dari Cemoro Lawang. Namun, ada alternatif untuk menuju sana dengan mudah, yaitu sebagai berikut:
Dari Cemoro Lawang Anda bisa naik ojek motor, biasanya ditawarkan penduduk sekitar. Harga mulai sekitar Rp15.000,00–Rp25.000,00. Anda bisa mendapatkan harga Rp30.000,00 untuk antar-jemput. Motor hanya akan mengantarkan Anda dari Cemoro Lawang hingga titik akhir di area parkiran tempat mangkal mobil jeep dan motor. Anda masih harus jalan kaki ke puncak Penanjakan dengan kondisi jalur berupa tanah biasa, dan terakhir adalah jalur berupa anak tangga. Bila Anda tidak kuat, Anda bisa naik ke puncak Penanjakan II dengan naik kuda, rata-rata tarifnya Rp50.000,00/sekali jalan.

TIPS:
Bila ingin mendapatkan sunrise, berangkatlah pagi-pagi benar menuju puncak Penanjakan. Bila ingin lebih santai, Anda bisa naik ke puncak Penanjakan pukul 3.00 WIB. Paling telat pukul 3.30 WIB Anda sudah harus jalan. Jangan khawatir karena jalur yang akan dilalui sangat ramai pengunjung, dan warga yang menawarkan ojek, jeep, hingga kuda.

Bila Anda beruntung cuaca cerah dan tidak berkabut, Bromo akan terlihat sempurna dari puncak Penanjakan ini. Turun dari puncak Penanjakan akan lebih nikmat lagi, tidak capek. Dari sini kita bisa sarapan dulu di beberapa warung yang ada di Cemoro Lawang. Selanjutnya, bisa jalan menuju ke view point yang ada di lokasi resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan turun ke Lautan Pasir. Apakah Lautan Pasir itu? Ini merupakan suatu kaldera hasil letusan Gunung Tengger Purba, dengan luas mencapai 5.250 hektar, berbentuk lingkaran dengan garis tengah terpanjang delapan kilometer dan terpendek enam kilometer. Nah, di atas hamparan Lautan Pasir ini terdapat beberapa gunung yang menambah kecantikan kawasan Bromo, yaitu Gunung Batok (2.440 meter dpl), Gunung Kursi (2.581 meter dpl), Gunung Widodaren (2.614 meter dpl), dan Gunung Watangan (2.601 meter dpl). Anda bisa menuju pura yang biasanya digelar upacara Kasodo menggunakan kuda sewaan seharga Rp50.000,00. Sensasinya luar biasa
[ http://a-journo.blogspot.co.id/2011/06/cara-ngeteng-ke-gunung-bromo.html?m=1]
--
Gear:
Fuji X-T1 + Fuji lens 55-200mm
F4.0 | ISO 200 | speed 1/1000 | 55-200 at 70mm

Process editing by Adobe Lightroom finishing touch at Instagram editing > upload
--
© Instagram.com/_bimo_

No comments:

Post a Comment